Sepanjang karir Rhoma Irama menggunakan berbagai macam gitar sebelum akhirnya menggunakan gitar yang menjadi ‘Trade Mark’ nya yaitu gitar buntung dengan merk Steinberger. Gitar apa saja kah yang pernah digunakan oleh sang “Raja Dangdut” ini?
mari simak artikel berikut ini.

 

  1. 1973 Fender Telecaster Deluxe

Pada tahun ’70an musisi Indonesia belum banyak yang menggunakan gitar bermerk Fender Telecaster, (terlebih musisi melayu) tapi Rhoma Irama pada saat itu sudah menggunakannya.

2. Fender Stratocaster Vintage Natural Finish

Setelah memakai Fender Telecaster, Rhoma Irama berganti Gitar Fender type Stratocaster Vintage natural finish, dengan tulisan SONETA berwarna merah pada body depannya.

3. Rickenbacker 481

Gitar ini dipakai oleh Rhoma Irama saat membawakan lagu “Laailahailallah” di film “Raja Dangdut” dan juga gitar ini sempat dipakai untuk cover promosional album Volume 9 dan Volume 10 yaitu “Begadang II” dan “Sahabat“.

Rickenbacker adalah produsen gitar dan bass yang meng-endorse group Legendaris The Beatles.

4. Fender Stratocaster Putih

Fender Stratocaster putih pertama muncul pada film “Camellia” saat Rhoma menyanyikan lagu Camellia tahun 1979. Gitar ini juga pernah muncul dibeberapa film seperti “Perjuangan & Doa“, “Melody Cinta“, “Badai Di Awal Bahagia” (saat itu dipakai oleh H. Wempy)

5. Fender Stratocaster Anniversary ’79

Awal 1980-an Rhoma Irama kembali mengganti gitarnya dengan Fender Stratocaster Anniversary produksi 1979, Fender inilah yang banyak menemani Rhoma membuat lagu-lagu hit bersama SONETA.

6. Fender Stratocaster Merah

Fender Stratocaster merah ini mulai digunakan saat konser di Malaysia tahun 1985 serta muncul di film “Kemilau Cinta di Langit Jingga” saat membawakan lagu “STOP!”

7. Steinberger GP-2S

Rhoma Irama pertama kali memiliki gitar Steinberger yaitu Steinberger yang digunakan hingga sekarang (warna hitam) Steinberger GM-2T TransTrem made in Newburgh, New York USA.
Merasa kurang cocok dengan karakter sound gitar yang didapatinya dari Hong Kong, karena pickup pada gitarnya waktu itu hanyalah satu, Akhirnya Rhoma menggunakan gitar Steinberger yang lain dengan model seperti dayung sampan yakni tipe GP-2S.

8. Steinberger GM-2T Trans Trem (dengan custom pickguard hitam)

Proses pemilikan gitar ini menurut Rhoma Irama cukup sulit karena pada saat itu gitar tersebut berstatus contoh yang tidak diperjual-belikan disebuah toko alat musik ternama di Hong Kong.
Setelah berkali-kali mendatangi akhirnya pemilik toko tersebut berkenan melepaskan gitar tersebut kepada Rhoma setelah membaca majalah terbitan luar negeri yang memuat tulisan liputan tentang sosok Rhoma Irama sebagai Superstar Musik Asia Tenggara.

9. Steinberger GM-2T Trans Trem (dengan custom pickguard putih)

Made in Newburgh, New York USA.
Masih menggunakan pickguard custom warna putih yang dibuat oleh salah seorang teknisi gitar khusus Rhoma Irama.

10. Steinberger GM-2T Trans Trem

Inilah gitar Steinberger yang pertama kali dimiliki Rhoma Irama, namun karena pickup pada gitar waktu itu hanya satu gitar ini belum digunakan. Karena awalnya hanya untuk promosional iklan obat sakit kepala.
Baru setelah pickupnya ditambah satu oleh teknisi gitar, Rhoma pun merasa puas dan menggunakan gitar ini hingga sekarang.

11. Custom Hand Made ala Steinberger

Ini adalah gitar buatan teknisi khusus Rhoma Irama Pakde Yanto. Yang mana merknya bukan Steinberger tapi Rhoma Irama tertulis dibagian atas body gitar.

12. Gitar SR

Gitar “SR” ini tidak pernah dipakai Rhoma show, karena kualitas dan kapasitas gitar ini memang bukan untuk keperluan live. Gitar ini digunakan untuk Promosional Cover Album “Sifana” dan Soudtrack film “Tabir Biru“.
Pada saat peringatan Tahun Baru Islam 1429 H bertempat di pondok pesantren Salafiyah As-Syafiiyah Asembagus Situbondo, Gitar ini oleh Rhoma Irama dihadiahkan pada sahabat beliau KH Ahmad Fawaid As’ad Samsul Arifin (alm).

13. Steinberger Spirit GU Deluxe

Adalah gitar Steinberger Original lisensi pabrikan Korea.

15. Steinberger GM-2S

Steinberger Tipe Gm-2S warna putih ini secara technical system hampir sama dengan gitar-gitar pada umumnya, beda dengan Steinberger Rhoma yang warna hitam (GM-2T) memiliki tremolo dengan locking system yang bisa mengubah oktav gitar ke oktav yang lebih tinggi ataupun ke oktav yang lebih rendah.

 

Oleh: Muchit Chusnan

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here